Kawan… Pernah ada yang mendengar singkatan ISLAM itu adalah singkatan dari sholat fardhu yang  kita kerjakan 5 waktu setiap harinya, katanya ada yang menyebut bahwa ISLAM itu adalah singkatan dari Isya’, Subuh, Luhur (Dzuhur), Ashar, Maghrib. Kalau itu sih cuman anggapan sebagian orang saja. “otak-atik mathuk” mungkin. Hehehe ^-^
Bicara tentang sholat, ngomong-ngomong ada yang  tahu asal usul sembahyang alias sholat? Siapakah manusia yang pertama melakukan sholat lima waktu? Disini saya mau sedikit berbagi tentang asal usul didirikannya sholat fardhu yang 5 waktu.
1.       Sholat Isya’
Yang pertama kali melakukan ibadah sholat isya’ adalah Nabi Musa a.s. Pada ketika itu Nabi mUsa tersesat mencari jalan keluar dari negeri Madyan sedang dalam dadanya penuh dengan perasaan dukacita. Allah lalu menghilangkan rasa dukacitanya itu paa waktu isya’ yang akhir. Lalu sholat lah Nabi Musa 4 raka’at sebagai tanda syukurnya. Dan setiap raka’at yang dikerjakannya adalah tanda rasa syukur atas 4  dukacita yang telah disirnakan oleh Allah. Empat dukacita itu adlah :
Raka’at ke-1 : dukacita terhadap istrinya
Raka’at ke-2 : dukacita terhadap saudaranya Nabi Harun
Raka’at ke-3 : dukacita terhadap Fir’aun
Raka’at ke-4 : dukacita terhadap anak Fir’aun
2.       Sholat Subuh
Orang yang pertama kali melaksanakan ibadah sholat subuh adalah Nabi Adam a.s, yaitu tatkala nabi Adam keluar dari surga lalu dikirim ke bumi. Perkara yang pertama dilihatnya adlah kegelapan dan beliau merasa takut yang amat sangat. Ketika fajar subuh telah keluar, Nabi Adam pun sholat 2 raka’at.
Raka’at ke-1 : bersyukur karena terbebas dari kegelapan malam.
Raka’at ke-2 : bersyukur karena siang telah nampak.
3.       Sholat Dzuhur
Nabi Ibrahim adalah yang pertama kali melaksanakan sholat dzuhur. Yaitu ketika Allah SWT memerintahkan kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya Nabi Ismail, sedangkan perintah itu datang waktu tergelincirnya matahari, lalu sujudlah Nabi Irahim 4 raka’at.
Raka’at ke-1 : syukur bagi penebusan
Raka’at ke-2 : syukur karena dibebaskan dukacitanya
Raka’at ke-3 : syukur dan memohon ridho Allah
Raka’at ke-4 : syukur karena qurbannya diganti dengan kambing dari surga(kibasy)
4.       Sholat ‘Ashar
Nabi yang pertama melakukan sholat ashar adalah Nabi Yunus a.s, tatkala beliau dikeluarkan oleh Allah dari perut ikan Nun. Ikan Nun telah memuntahkan Nabi Yunus di tepi pantai syang kala itu masuk waktu ashar. Maka bersyukurlah Nabi Yunus lalu bersembahyang sebanyak 4 raka’at karena telah diselamatkan dari empat kegelapan, yaitu :
Raka’at ke-1 : kelam dengan kesalahan
Raka’at ke-2 : kelam dengan air laut
Raka’at ke-3 : kelam dengan malam
Raka’at ke-4 : kelam dengan perut ikan Nun.
5.       Sholat Maghrib
Nabi Isa a.s adlah yang pertama kali melakukan sembahyang sholat maghrib, yaitu tatkala beliau dikeluarkan dari kebodohan kaumnya oleh Allah sedang waktu itu telah terbenamnya matahari. Lalu Nabi Isa beryukur dengan sembahyang 3 raka’at karena diselamatkan dari kebodohan, yaitu
Raka’at ke-1 : untuk menafikan ketuhanan selain Allah SWT
Raka’at ke-2 : untuk menafikan tuduhan atas ibunya Siti Maryam yang dituduh telah berbuat zina
Raka’at ke-3 : untuk myakinkan kaumnya bahwa Tuhan itu hanya ada satu.
-catatan.ini.saya.kutip.dari "Diari Islamiyah 1997"-
Untuk benar tidaknya, Wallahu a'lam bis-showaab :)


3 komentar to "Asal Usul Sholat Fardhu"

Posting Komentar