Kali ini saya ingin berbagi ilmu mengenai surat yang diturunkan Allah kepada nabi Muhammad yang sering dibaca ketika sholat, surat ii merupakan suart yang ke 112 dari tartib urutannya, yupppz. Surat Al-Ikhlas yang mempunyai makna "Memurnukan Ke-Esa-an Allah.
Ini tentang fadhilah surat Al-Ikhlas:

"1.Untuk mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat, bacalah surat ini setiaphari setelah melakukan sholat dan jadikanlah senagai amalan harian. Insya Allah dengan barokah surat ini kita akan mendapatkan kesejahteraan, 2.Untuk menjauhkan dari fitnah dan siksa kubur, bacalah surat ini pada orang yang sakit ataupun sedekahkanlah kepada ahli kubur. Insya Allah, Allah SWT akan melindung hamba-Nya dari semua itu. 3.Menjauhkan dari segala bencana, amalkan membacanya antara sholat maghrib dan isya’ sebanyak 1.000 kali. 4.Dapat menghilangkan rasa lapar dan dahaga seandainya sesorang sedang dalam perjalanan atau jauh dari sumber makanan maka bacalah “Ya Shomad” seberapa banyak yang mampu. Insya Allah rasa lapar dan dahaga akan hilang dengan sendirinya dan dapat melanjutkan tugas seperti biasa.

Kalau ini tentang istimewanya surat Al -Ikhlas

Ibnu Abbas r.a berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Ketika aku ber-isra’ ke langit aku telah melihat ‘arsy itu terletak diatas 360.000 sendi dan jarak antara satu sendi dengan sendi yang lain adalah sejauh 300.000 tahun perjalanan. Pada tiap sendi itu terdapat 12.000 padang sahara dan luas setiap padang adalah sejauh antara timur dan barat. Disetiap padang terdapat 80.000 malaikat yang mana semua malaikat membaca surat Al-Ikhlas”. Rasulullah SAW bersabda, “setelah selesai membaca surat Al Ikhlas lalu mereka berkata, “Wahai Tuhan kami, sesungguhnya pahala dari bacaan kami ini kami berikan kepada orang-orang yang membaca surat Al Ikhlas, baik laki-laki maupun perempuan.” Para sahabat Nabi yang mendengarnya merasa amat kagum. Rasulullah SAW bersabda lagi, “Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya, sesungguhnya “Qul Huwallahu Ahad” itu telah tertulis di sayap Jibril. “Allahus Shomad” telah tertulis di sayap Mikail. “Lam Yalid Wa Lam Yuulad” telah tertulis di sayap Izrail. “Wa Lam Yakun Lahu Kufuwan Ahad” tertulis di sayap Israfil. Oleh karena itu, barang siapa dari ummatku yang membaca Surat Al Ikhlas maka ia akan diberi pahala sama seperti membaca kitab Taurat, Injil, Zabur dan kitab Al Qur’an yang agung”.

Betap istimewanya surat Al -Ikhlas ini, sampai-sampai di sayap ke-empat malaikat tadi masing-masing tertulis satu ayat dari surat Al-Ikhlas, dan semoga kita senantiasa bisa mengamlkan ajaran yang tersurat dari Surat Al-Ikhlas ini., yakni senantiasa memurnikan ke-Esa-an Allah SWT.

Sumber : Diari Islaiyah 1997


0 komentar to "Surat Al-Ikhlas"

Posting Komentar